Berita terbaru di Indonesia, informasi menarik dan berbagai tips dan trik ada disini!

Telat Bayar Pajak Kendaraan, STNK Bisa Diblokir

telat bayar pajak stnk diblokir

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah mensosialisasikan penghapusan registrasi dan identitas Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bagi pemilik kendaraan yang menunggak pembayaran pajaknya.

Rencana ini sudah disosialisasikan sejak 2019 lalu. Dan ketentuan ini akan berlaku bagi pemilik kendaraan yang sudah menunggak pajak kendaraan selama dua tahun berturut-turut dari masa berlaku STNK lima tahunan.

Ini berarti, kendaraan yang menunggak pajak akan menjadi barang rongsok, karena tidak ada lagi opsi pemutihan atau registrasi ulang. “Penghapusan data STNK penunggak pajak itu lanjutan tahun lalu. Sampai saat ini tahapannya masih sosialisasi,” ujar Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya, kepada Kompas.com, Selasa 12 Mei 2020.

stnk diblokir kalau telat bayar pajak

Martinus mengatakan bahwa aturan ini sudah tertuang di Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 74. Didalam pasal tersebut menjelaskan bahwa ada dua dasar penghapusan data kendaraan, yaitu atas dasar permintaan pemilik dan pertimbangan pejabat berwenang tentang registrasi kendaraan.

Pada ayat 2, penghapusan registrasi kendaraan bisa dilakukan apabila kendaraan berada dalam kondisi rusak parah dan tidak dapat dioperasikan lagi dan pemilik tidak melakukan registrasi minimal dua tahun setelah habis masa berlaku STNK yaitu lima tahun.

Sementara itu, rencana mengenai penghancuran kendaraan yang menunggak pajak selama dua tahun berturut-turut setelah habis masa berlaku STNK, menurutnya merupakan rencana kebijakan nasional dan belum berlaku di wilayah Polda Metro Jaya.

“Sampai saat ini hanya diblokir, dihapus data regident-nya,” ucap Martinus.

Jadi bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor, jangan lupa untuk selalu bayar pajak tepat waktu ya, apalagi pembayaran pajak ini juga akan bermanfaat bagi kita semua yang tentunya berguna untuk pembangunan infrastruktur dan jalan rusak yang ada di Indonesia. Dari sini Pram ingin mengutip kata-kata dari mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy yang sekaligus sahabat dari Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

john f kennedy quotes

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu." -John F. Kennedy.
Share:

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Berlangganan

Statistik Blog

Kategori

Berlangganan

Arsip Blog

Berlangganan

Space Iklan

Loading...