Berita terbaru di Indonesia, informasi menarik dan berbagai tips dan trik ada disini!

Handphone Kamu Disadap? Kenali Ciri-cirinya Seperti Berikut!

ciri-ciri handphone disadap oleh hacker

Ada beberapa indikasi seperti yang akan Pram jelaskan dibawah ini bahwa mungkin handphone kalian telah disadap oleh hacker tak bertanggung jawab, yaitu:

1. Menerima SMS Aneh Yang Berisi Nomor, Simbol, Karakter Acak
menerima sms aneh yang berisi simbol, kode atau karakter acak
Pesan aneh yang muncul di handphone kalian ini berasal dari fitur "remote control" yang diselipkan kedalam software atau aplikasi untuk melakukan proses penyadapan. Cara kerja fitur ini adalah dengan mengirimkan sebuah pesan aneh ke handphone kalian, ini adalah sandi rahasia mereka yang tidak kalian ketahui.
Solusi terbaik untuk masalah seperti ini adalah dengan me-reset handphone kalian kembali ke pengaturan awal (pengaturan pabrik). Tentunya jangan lupa untuk mem-backup data-data penting kalian terlebih dahulu untuk menghindari resiko kehilangan data.

2. Handphone Susah Dimatikan Atau Proses Shutdown Lebih Lama
handphone susah untuk dimatikan dan shutdown lama
Ketika kalian mematikan handphone kalian, proses aplikasi yang sedang berjalan akan segera dihentikan. Hanphone yang sudah disadap biasanya akan lebih lama ketika dimatikan karena ada banyak aplikasi dari hacker yang berjalan diam-diam di latar belakang dan bisa jadi juga handphone sedang mengirimkan data-data tersebut ke pihak ketiga.

3. Penggunaan Data Internet Tidak Wajar, Kuota Lebih Cepat Habis
penggunaan data internet tidak masuk akal jadi boros kuota
Segera waspadai apabila penggunaan data di handphone kalian menjadi lebih banyak dari biasanya. Aplikasi penyadap membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data-data yang telah berhasil disadap seperti foto, video, lokasi, kontak, akun, password dan lain-lain.

4. Ada Suara Mengganggu Ketika Digunakan Untuk Bertelepon
ada suara mengganggu ketika bertelepon
Suara mengganggu yang muncul saat kalian telepon, bisa jadi handphone kalian sedang disadap. Sehingga rekaman pembicaraan kalian akan tersimpan dan bisa disalahgunakan. Banyak kasus terjadi seperti volume suara berubah secara tiba-tiba dengan sendirinya. Hal tersebut adalah tidak wajar mengingat bahwa sekarang telepon berjalan di jaringan digital bukan lagi analog.

5. Percakapan Lewat Pesan Singkat Terbaca Dengan Sendirinya
percakapan pesan singkat jadi terbaca dengan sendirinya
Ini adalah kasus yang paling sering dialami korban penyadapan. Contoh seperti pesan di Whatsapp yang sudah terbaca padahal kalian sendiri belum sempat membukanya. Apabila hal ini terjadi kepada kalian segeralah amankan data kalian dan aktifkan perlindungan seperti Autentifikasi 2 Faktor dari Whatsapp untuk melindungi data kalian.

6. Handphone Menunjukkan Aktivitas Aneh Padahal Sedang Tidak Digunakan
handphone menunjukkan aktivitas aneh padahal tidak digunakan
Ketika kalian sedang tidak menggunakan handphone kalian, akan tetapi kalian melihat handphone kalian beroperasi dengan sendirinya dan mengeluarkan suara atau getar tiba-tiba. Sudah pasti bahwa ada orang diluar sana yang memiliki akses ke handphone kalian dan mengontrolnya dari jauh.

7. Suhu Handphone Menjadi Cepat Panas Padahal Tidak Sering Digunakan
suhu handphone cepat panas padahal jarang digunakan
Jika handphone kalian menjadi terlalu gampang panas, kalian patut curigai. Software penyadap sering mengirimkan data-data penting ke server secara terus menerus dan tidak dapat diketahui karena berjalan di latar belakang. Segera matikan handphone kalian untuk menghentikan aktivitas tidak wajar tersebut.

Itulah beberapa tanda-tanda handphone kalian sedang disadap, beberapa poin mungkin bisa saja terjadi karena handphone kalian sedang tidak disadap, akan tetapi alangkah lebih baik kalau kalian mengantisipasi nya, supaya data-data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan.
Share:

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Berlangganan

Statistik Blog

Kategori

Berlangganan

Arsip Blog

Berlangganan

Space Iklan

Loading...